Bupati Sumenep Inginkan Ada Wisata Desa di Embung Montorna

Avatar
MONITORING : Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, saat menabur benih ikan di Embung Montorna. (Istimewa)

SUMENEP, MaduraPost – Demi mencegah terjadinya banjir dan menampung air baku saja, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mendorong keberadaan Embung Montorna di Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timu, bisa menjadi multifungsi.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep dalam hal ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus terlibat dalam mengembangkan fungi Embung Montorna tersebut.

Bupati Fauzi sangat mendukung kemajuan Embung Montorna yang mempunyai daya tampung 37 ribu kubik air, selain untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan mengairi 20 hektar sawah petani setempat, juga sebagai tempat menjaga kelestarian ikan dan meningkatkan kualitas sumber daya ikan melalui benih unggul.

BACA JUGA :  PAD Wisata Sumenep Menurun Signifikan, Ini Rinciannya

“Embung ini ada potensi besar untuk dikembangkan fungsinya, sehingga Dinas Perikanan harus terlibat dalam pengembangan Embung Montorna ini,” kata Bupati Fauzi, Rabu (30/3).

Di lokasi, di sela-sela penebaran ikan di Embung Montorna, Selasa (29/3/2022) kemarin, Bupati Fauzi mengucapkan, bahwa Embung Montorna memiliki pemandangan yang bagus.

Dimana, perlu pengembangan di areal embung itu untuk obyek wisata desa, dengan harapan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

BACA JUGA :  Libur Lebaran Tahun 2022, Pemandian Alam Sumber Penang Somalang Ramai Pengunjung

“Saya harapkan Pemerintah Desa Montorna inovatif dan kreatif untuk menggarap potensi Embung Montorna, salah satunya belajar ke daerah lain yang sekiranya bisa diterapkan di sekitar embung,” ujar Bupati Fauzi.

Pemkab Sumenep, kata Bupati Fauzi, pasti mendukung pengembangan Embung Montorna, mulai dari sarana jalan termasuk bantuan keuangan desa untuk pengembangan embung sebagai obyek wisata desa.

“Pemerintah Daerah mengupayakan memberikan bantuan keuangan Rp 200 juta untuk BUMDes Montorna guna mengangkat potensi Wisata Embung Montorna,” kata Bupati Fauzi mengungkapkan.

BACA JUGA :  DKS Akan Dibentuk Kembali, Disbudporapar Optimis Hidupkan Kesenian Sumenep

Terpisah, namun di tempat yang sama Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Sumenep, Agustiono Sulasno menebar benih ikan di Embung Montorna sebanyak 25 ribu ekor.

“Tahun ini, kami menyiapkan benih ikan yang ditebar totalnya 109 ribu ekor untuk lima lokasi, yakni Embung Montorna, Embung Desa Lebeng Timur, Embung Desa Bringin, Embung Desa Larangan Barma dan Embung Desa Aeng Merah,” tandasnya.