Daerah  

BPRS Bhakti Sumenep Sediakan Karyawan di Balai Desa Untuk Pencairan BLT DD

Avatar
LAUNCHING BLT DD. Direktur Operasional BPRS Bhakti Sumekar, Hairil Fajar, saat mendampingi Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, berikan santunan anak yatim pada launching BLT DD di Desa Ellak Daya, Kecamatan Lenteng. (Istimewa)

SUMENEP, MaduraPost – Direktur Operasional BPRS Bhakti Sumekar, Hairil Fajar menerangkan, guna memudahkan pelayanan, para karyawannya sudah berada di Balai Desa untuk melakukan proses pencarian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Jumat, 11 Maret 2022.

Hal itu disampaikannya pada launching BLT DD yang resmi dibuka oleh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, di Balai Desa Ellak Daya, Kecamatan Lenteng. Kamis (10/3/2022) kemarin.

“Jadi untuk mempermudah layanan proses pencarian BLT DD ini, kami sudah menugaskan karyawan BPRS untuk standby di Balai Desa sesuai jadwal hasil kordinasi dengan masing-masing desa,” kata Fajar menerangkan, Jumat (11/3).

BACA JUGA :  Santunan Anak Yatim jadi Bagian dari Acara Pelantikan PARNU di Desa Dempo Barat

Disamping itu, masyarakat juga bisa mendatangi Kantor Cabang BPRS Bhakti Sumekar terdekat. Syaratnya, cukup membawa kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu keluarga (KK) saja.

Fajar menjelaskan, para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan dikirimi undangan yang berisi nomor seri sesuai data dari desa yang harus dibawa saat mau melakukan pencarian BLT DD.

“Data calon penerima dari desa kami buatkan undangan yang sudah dilengkapi barcode (nomor seri), sebagai tanda penerima di sistem data kami,” kata Fajar menjelaskan.

BACA JUGA :  Begini Pesan Asmoni di Diklat LPM Retorika STKIP PGRI Sumenep

Saat ini, lewat rekening virtual, BPRS Bhakti Sumekar hadir dalam rangka memberikan kemudahan para KPM. Fajar mengungkapkan, para KPM akan menerima BLT DD sesuai undangan yang diterima.

Diketahui bersama, guna menyambut program BLT DD, BPRS Bhakti Sumekar sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) hadir ditengah masyarakat untuk melayani pencairan bantuan sosial (Bansos) tersebut.

Sejak tahun 2021, BPRS Bhakti Sumekar telah ditunjuk sebagai bank penyalur dalam program BLT DD. Disitu, BPRS Bhakti Sumekar diharapkan mampu memberikan pelayanan maksimal bagi KPM.

BACA JUGA :  LSM JCW Bersama Masyarakat Desa Bira Barat Akan Gelar Audiensi Dengan Kejati Jatim

Diketahui, penyaluran BLT DD tahun ini terhitung mulai bulan Januari hingga Maret 2022. Para KPM akan menerima uang sebesar Rp 900.000,- dengan rincian Rp 300.000,- per bulan.

Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, jumlah DD Sumenep sebesar Rp 332 miliar lebih tersebar di 320 desa se Kabupaten Sumenep.

Dari DD tersebut, minimal 40 persenn harus digunakan untuk penyaluran BLT DD. Keseluruhan, dana BLT DD di Sumenep berjumlah Rp 133 miliar lebih, dengan sasaran 36.979 penerima manfaat.