Berkedok Bantuan, Hati-Hati Penipuan Mengatasnamakan Bupati Sumenep

Avatar

SUMENEP, MaduraPost – Viral nama Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, dicatut orang tak bertanggung jawab. Dugaan kasus penipuan yang mengatasnamakan Bupati Sumenep, Achmad Fauzi kembali terjadi. Sabtu, 19 Maret 2022.

Modus tersebut tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, yaitu melalui aplikasi perpesanan WhatsApp. Seperti biasa pelaku mengaku sebagai Bupati Fauzi.

BACA JUGA :  Tuduhan Sengketa Akta Tanah Berujung Pelaporan di Pamekasan 

Setelah itu mengiming-imingi calon korbannya dengan donasi berupa uang untuk masjid dan panti asuhan.

Lalu, pelaku menanyakan kegiatan atau pembangunan apa yang sedang digarap di masjid atau panti asuhan yang menjadi target, sebelum kemudian menanyakan nomor rekening dan sebagainya.

Padahal, Bupati Fauzi menegaskan dirinya tidak pernah mengirimkan pesan seperti itu. Dia mengatakan, nomor yang dipakai bukan nomor HP miliknya.

BACA JUGA :  Anggota DPRD Bangkalan Jadi Tersangka Kasus Penembakan

“Saya tidak pernah mengirimkan pesan seperti itu. Yang dipakai untuk menghungi itu juga bukan nomor Whai saya,” kata Bupati Fauzi menegaskan, Sabtu (19/3).

Oang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep itu mengimbau, agar masyarakat termasuk para pengurus yayasan dan sebagainya tidak langsung percaya jika ada pihak-pihak yang berkirim pesan mengatasnamakan dirinya.

BACA JUGA :  Diduga karena Asmara, Warga Sumenep Tewas Mengenaskan

“Karena kejadian seperti ini bukan kali ini saja. Beberapa waktu lalu, nama saya juga ada yang mencatut. Besar kemungkinan sebagai modus untuk menipu,” kata politisi muda PDI Perjuangan ini lebih lanjut.