Daerah  

BBWS Brantas Bersama Bupati Sumenep Siap Programkan Embung Montorna Jadi Destinasi Wisata

Avatar
KUNJUNGAN. BBWS Brantas bersama Bupati Sumenep saat silaturahmi tentang keberadaan embung Montorna di Kecamatan Pasongsongan. (Istimewa)

SUMENEP, MaduraPost – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendukung rencana Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas yang menginginkan keberadaan embung dan sungai di wilayah perkotaan sebagai destinasi wisata.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, adanya BBWS Brantas tentu akan mendukung program pemerintah.

“Kami pasti mendukung program BBWS Brantas, karena pembangunannya bisa bermanfaat untuk kepentingan masyarakat,” kata Bupati Fauzi disela-sela silaturahim bersama Kepala BBWS Brantas, Dr. Ir. Haeruddin C. Maddi, ST, MSMT di rumah Dinas Bupati, Rabu (26/1).

BACA JUGA :  KEPALA DESA KARANG ANYAR KETAPANG MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1441 H, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Sementara itu, Kepala BBWS Brantas, Haeruddin mengungkapkan, keberadan embung Montorna di Kecamatan Pasongsongan tidak hanya sekedar sebagai penampungan air baku saja, melainkan menjadi multifungsi agar berdampak positif bagi masyarakat.

Pihaknya menegaskan, pembangun infrastruktur dalam bentuk fisik embung Montorna tidak hanya berfungsi mencegah banjir dan menampung air baku saja. Pihaknya berharap, keberadaan embung itu tentu harus ada peningkatan fungsinya.

BACA JUGA :  FRPB dan RAPI Pamekasan Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Tempat Religi dan Wisata

“Kami prinsipnya tidak sekedar membangun infrastruktur dalam bentuk fisik semata, melainkan juga memikirkan bagaimana embung Montorna dan lainnya bernilai tambah untuk masyarakat,” kata Haeruddin.

Menurutnya, pembangunan embung di Montorna selain sebagai penanganan banjir dan air baku, bisa dijadikan sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Sumenep.

Sehingga, embung tersebut memberikan dampak positif untuk mendorong kesejahteraan masyarakat. Disamping itu, adanya sungai di wilayah perkotaan direncanakan juga menjadi destinasi wisata, namun pihaknya perlu melakukan pendataan sungai mana saja yang berpotensi sebagai tempat wisata.

BACA JUGA :  Tegakkan Disiplin Prokes Dikalangan Masyarakat, Polres Sumenep Gelar Apel Pamor Keris

Diketahui, bersama rombongan didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Sumenep, Erik Susanto, mengunjungi embung Montorna di Kecamatan Pasongsongan.

BBWS Brantas memprogramkan embung Montorna dalam waktu dekat ini telah beroperasi baik dalam menangani banjir dan air baku.