SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Pariwisata

Bangga! 2 Wisata di Sumenep Kembali Masuk Nominasi ADWI 2023, Disbudporapar Rencanakan Hal Ini

Avatar
×

Bangga! 2 Wisata di Sumenep Kembali Masuk Nominasi ADWI 2023, Disbudporapar Rencanakan Hal Ini

Sebarkan artikel ini
WAWANCARA. Kepala Disbudporapar Sumenep, Moh. Iksan, saat diwawancara MaduraPost beberapa waktu lalu. (M.Hendra.E/MaduraPost)

SUMENEP, MaduraPost – Lagi-lagi Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, masuk 300 besar pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Selasa, 4 April 2023.

Diketahui, saat ini kabupaten berjuluk Kota Keris ini memiliki dua destinasi wisata di Desa Oksigen Pulau Gili Iyang dan Desa Wisata Jantung Nusantara yang kembali masuk nominasi ADWI 2023.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

“Alhamdulillah,saat ini ada dua destinasi desa wisata yang sudah masuk 300 besar pada ADWI tahun 2023 yang diadakan oleh Kemenparekraf,” kata Iksan mengungkapkan pada sejumlah media, Selasa (4/4).

Baca Juga :  Kapal Zidan Express Hilang Usai Dihantam Ombak di Perairan Pulau Sapeken Sumenep

Pihaknya mengatakan, jika dua destinasi wisata Sumenep tersebut kembali masuk 50 besar sehingga mendapatkan penghargaan ADWI seperti tahun 2022 lalu.

Pada tahun 2022 kemarin, destinasi desa wisata keris Aeng Tongtong tidak hanya masuk 50 besar tapi juga berhasil meraih penghargaan 5 Desa Wisata Terbaik Kategori Daya Tarik Pengunjung dari ADWI Kemenparekraf RI.

Baca Juga :  Bupati Bangkalan, Ra Latif Resmikan Wisata Baru Dengan Konsep yang Berbeda

“Semoga lolos sampai ke babak selanjutnya, dan kembali mendapatkan penghargaan seperti tahun kemarin,” harap Iksan.

Guna mencapai target tersebut, pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah event sebagai upaya untuk memperoleh penghargaan ADWI dari Kemenparekraf.

“Selain Kalender Of Event 2023 Sumenep Masa Kejayaan, kami sampai ke Pemprov Jatim, kami juga berusaha menarik sejumlah event Jatim agar digelar di Sumenep. Contoh seperti Festival Desa Wisata Jatim dan Festival Budaya se Jatim. Mudah-mudahan disetujui oleh Gubernur Jatim,” ujar Iksan memaparkan.

Baca Juga :  Pelantikan AKD Bangkalan, Bupati Minta Kepala Desa Solid dan Semangat Membangun Desa

Menurutnya, jika event regional Jatim tersebut bisa ditempatkan di Kota Keris, tentunya tidak hanya mendukung pariwisata agar kembali meraih penghargaan ADWI, akan tetapi dapat menarik pengunjung atau wisatawan dari luar daerah bahkan mancanegara.

“Jika digelar di Sumenep, tentu akan banyak pengunjung yang akan datang ke Sumenep. Dengan begitu, maka otomatis akan meningkat pendapatan PAD kita melalui sektor pariwisata,” jelas dia.***

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp Madura Post sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.