328 CJH Asal Sumenep Akan Berangkat Tahun Ini

Avatar
Ilustrasi

SUMENEP, MaduraPost – Sebanyak 328 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan diberangkatkan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) tahun ini. Jumat, 13 Mei 2022.

Kepala Kemenag Sumenep, Chaironi Hidayat mengungkapkan, jumlah tersebut berdasarkan terbitnya keputusan Menteri Agama, tentang Kuota Haji Indonesia tahun 1443 hijriyah atau 2022 masehi.

“Sebelum kouta itu sampai ke kami, pertama dari Pusat diteruskan ke Kantor Wilayah Jawa Timur (Kanwil Jatim), baru sampai ke Daerah,” kata Chaironi pada sejumlah media. Jumat (13/5).

BACA JUGA :  HUT Kabupaten Sampang ke 397, Slamet Ariyadi: Ikhtiyar Membangun Sampang Hebat Bermartabat

Pihaknya menerangkan, menyusul persiapan keberangkatan, CJH terlebih dulu akan diikutkan bimbingan manasik selama 6 kali. Empat kali di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan masing-masing dan dua kali ditingkat kabupaten.

“Untuk kloter masih belum ada kepastian. Kalau tahun sebelumnya, sumenep ini kebagian kloter 43. Jika ada perubahan dimungkinkan tidak terlalu jauh dari nomor sebelumnya,” kata dia menerangkan.

BACA JUGA :  Hoax Janji Bupati Pamekasan “Berbaur” Untuk Masyarakat Kecamatan Pakong

Meski begitu, pihaknya tidak merinci detail CJH Sumenep yang akan diberangkatkan tahun ini dari daerah mana saja. Hanya saja, Kemenag Sumenep mencatat sebanyak 671 orang yang resmi mendaftar berangkat haji 2022.

“Karena kita hanya dapat kuota sebanyak 328 orang. Jadi, sisanya menyusul pada pemberangkatan tahun berikutnya,” jelasnya.

Dia meminta agar para CJH wajib mengikuti program vaksinasi covid-19 dosis booster dan tes negatif PCR.

BACA JUGA :  Kado Istimewa Masyarakat Karang Anyar Menyambut Proklamasi HUT 17 Agustus

“Saya sarankan H-14 pemberangkatan, para CJH isolasi mandiri atau tidak kontak langsung dengan siapapun agar tes PCR-nya negatif,” kata dia lebih lanjut.