Daerah  

Tim Pemenangan Cakades di Waru Barat Diduga Manfaatkan Bansos dan Partai Politik

Avatar
Ilustrasi.

PAMEKASAN, MaduraPost – Dalam perhelatan Pilkades serentak di Kabupaten Pamekasan yang akan segera terlaksana pada 23 April mendatang nampaknya berbagai cara atau taktik, baik yang benar maupun yang culas dilakukan oleh orang-orang dari tim pemenangan setiap Cakades.

Seperti yang terjadi di Desa Waru Barat, Kecamatan Waru, dimana diantara beberapa orang dari tim pemenangan salah satu Cakades di Desa tersebut telah terindikasi melakukan tindakan culas dengan memanfaatkan adanya penyaluran Bansos dari Pemerintah.

Yakni diketahui dan terbukti dengan adanya modus pengambilan kartu PKH (KKS) dari salah satu warga setempat oleh salah seorang bernama Syafi (warga yang diduga pendukung salah Cakades di Waru Barat) dengan alasan akan diambilkan uang PKH-nya dan seolah minta agar nyoblos Cakades nomor urut 3.

BACA JUGA :  Polisi Bagikan Ribuan Paket Sembako Covid-19 di Bangkalan

Kemudian, juga diketahui kalau yang menyebar atau memberikan surat undangan penyaluran BPNT kepada para KPM di Desa tersebut pada beberapa waktu yang lalu bukan Perangkat Desa setempat, akan tetapi ternyata orang-orang dari tim pemenangan Cakades tersebut.

“Iya mas dua kejadian itu benar adanya. Nah itu sudah berbagai cara yang tidak lazim yang dilakukan orang-orang dalam memenangkan Cakades yang didukungnya, dan yang jelas Pak Pj Kades kami itu sudah tidak netral dan sudah salah jalan alias sesat,” kata salah seorang Perangkat Desa Waru Barat kepada Pewarta Media ini, Kamis (17/3/2022).

BACA JUGA :  Pegawai BUMN Sumenep Tertular Corona

Sementara berdasarkan beberapa informasi dan bukti yang di kantongi oleh Wartawan Media ini, sepertinya demi pemenangan ponakannya (Cakades Waru Barat nomor urut 3) Pj Kades Waru Barat itu nampak rela diintervensi orang lain dalam menjalankan tugasnya atau rela tidak sesuai tupoksinya sebagai Pj Kades.

Sebab pada saat ditanya oleh salah seorang Perangkat Desanya soal apakah semua Perangkat Desa Waru Barat itu harus hadir atau tidak dalam penyaluran BPNT pada beberapa waktu yang lalu, Pj Kadesnya malah tanya dan minta keputusan kepada yang namanya Farid (seorang Perangkat Desa yang diangkat ilegal oleh Pj Kades Waru Barat).

BACA JUGA :  Prestasi SAKIP 2021, Dispertahortbun Raih Penghargaan Bupati Sumenep

“Anikah katih ponapah Rid (soal pertanyaan Perangkat Desa, red), anikah ejawabah napah enten nikah (ini bagaimana Rid, ini mau dijawab atau tidak),” kata Pj Kades Waru Barat dalam rekaman audionya.

Diinformasikan bahwa, ada hal yang tidak biasa terjadi sebelum-sebelumnya dalam perhelatan Pilkades di Pamekasan. Namun kali ini hal itu terjadi, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terlibat langsung untuk memenangkan Cakades Waru Barat nomor urut 3.