Tahun Ini RSUDMA Sumenep Berencana Membuka Poli Baru, Apa Saja?

Avatar
BANGUNAN. Poli Terpadu RSUDMA Sumenep terlihat megah. Terlihat masyarakat beraktifitas di depan rumah sakit setempat. (Foto: M. Hendra. E)

SUMENEP, MaduraPost – Demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar berencana membuka poli baru. Jumat, 11 Maret 2022.

Seperti diketahui bersama, RSUDMA Sumenep memiliki Poli Terpadu sejak beberapa tahun lalu dan sudah beroperasi. Rumah sakit milik Pemerintah Daerah ini terus melakukan terobosan baru demi memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat.

“Untuk saat ini keberadaan Poli Terpadu masih sama seperti 2 tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Tapi untuk tahun 2022 insyaAllah akan ada menu baru,” kata Direktur RSUDMA Sumenep Erliyati, melalui Kasi Humas Arman Endika Putra, saat diwawancara di ruang kerjanya oleh MaduraPost, Jumat (11/3).

BACA JUGA :  Vaksin AstraZeneca Hampir Kadaluarsa, Dinkes dan P2KB Sumenep Harap Capaian Vaksinasi Bisa Maksimal

Arman membeberkan, saat ini yang sudah digagas RSUDMA Sumenep adalah Poli Trauma Center. Pihaknya mengatakan, bahwa poli baru tersebut akan dirilis tahun ini.

“Kami disini punya spesialis anastesi, dimana spektrumnya dia lebih kepada gejala nyeri dan lainnya,” kata Arman menerangkan.

“Nanti juga akan dokter spesialis tulang yang akan bekerja di rumah sakit ini,” tambahnya.

Meski begitu, adanya dokter spesialis baru di RSUDMA Sumenep itu masih dalam tahapan pembahasan. Rencana itu membahas soal Poli Trauma Center yang akan dibuka pada hari apa nantinya saat sudah beroperasi.

“Kami masih mempelajari pola-polanya, yang jelas tahun ini akan kami rintis,” kata dia menjelaskan.

Pihaknya menyebut, adanya Poli baru itu karena melihat prosentase kondisi Sumenep yang cukup tinggi terkait dokter spesialis. Dari permintaan inilah, stimulus menggagas Poli Trauma terbentuk.

BACA JUGA :  Dinkes dan P2KB Sumenep Genjot Vaksinasi Usia 6 Hingga 11 Tahun Hingga Tuntas

“Yang Poli Trauma ini kondisinya tinggi di Sumenep. RSUDMA Sumenep sebagai rumah sakit milik pemerintah harus berusaha memfasilitasi itu. Perawatan dan sumber daya manusia (SDM) sudah ada, tinggal melaunching Poli baru ini nanti,” tuturnya.

Diketahui, RSUDMA Sumenep memiliki belasan dokter spesialis yang terhimpun di Poli Terbadu. Gedungnya pun bersebelahan dengan gedung rumah sakit setempat. Tepatnya di sisi barat.

Diantaranya Poli Syaraf, Gizi, Paru, Interna, Rehab Medis, Kandungan, Bedah, Ongkologi, Anak, Kulit Kelamin, Jiwa, Mata, Jantung, Gigi, Nyeri, Geriatri, dan Poli baru yang akan diluncurkan tahun ini adalah Trauma.

BACA JUGA :  Ormas Projo Sampang Gelar Vaksinasi Massal

“Jadi dokter spesialis di Poli Terpadu itu ada semua, untuk melayani kebutuhan masyarakat. Artinya harus ada dokter spesialisnya untuk menangani Poli itu,” kata Arman memaparkan.

Hingga saat ini, Arman mengungkapkan, adanya kendala soal Poli Terpadu di RSUDMA Sumenep pastinya tetap di atasi dengan beberapa pendekatan komunikatif.

“Selama itu bisa diselesaikan, terkait kebutuhan dan sebagainya pasti bisa di atasi. Itu sebagian dinamika dari pelayanan,” akuinya.

Secara terminologi pandemi, Arman menilai, meski pandemi Covid-19 sudah berada di puncak akhir, penyakit Corona masih menjadi endemi dibeberapa daerah, tak terkecuali Sumenep.

“Yang jelas kita saat ini sudah mulai move on, tentu berkaitan dengan pelayanan,” pungkasnya.