Tabrakan Kapal KM Tanto Bersinar dengan Tb Mitra Jaya XIX, Begini Kronologisnya

  • Bagikan

BANGKALAN, MaduraPost – Telah terjadi Tabrakan kapal (KM.Tanto Bersinar dengan TB. Mitra jaya XIX yang menggandeng TK. Makmur Abadi 5 ) di area Bouy 3 (area pengeboran lepas pantai RIK WMO) Sabtu tanggal 23 Januari 2021 sekira jam 03.30 WIB, alur Pelayaran Barat Surabaya.

Menurut AKP Ludwi Yarsa Pramono Kasat Polairud Bangkalan diarea Bouy 3 masuk Area pengeboran milik WMO (APBS) Perairan Gresik.

Pada Sabtu tanggal 23 Januari 2021 sekira jam 03.30 WIB telah terjadi Laka laut tabrakan kapal antara kapal KM. Tanto Bersinar dengan Tb. Mitra Jaya XIX yang menggandeng BG. Makmur Abadi 5. Di area Bouy 3 (area pengeboran lepas pantai RIG WMO) alur pelayaran barat Surabaya (APBS)

BACA JUGA :  Antisipasi Covid-19, Pemkab Bangkalan Semprot Jalan Protokol dengan Cairan Disinfektan

“Sampai saat ini masih belum diketahui nasib dan keberadaan 8 crew beserta kapal TB. Mitra Jaya XIX (hilang kontak). paska Tabrakan,” ujar AKP Ludwi Yarsa Pramono saat di konfirmasi oleh MaduraPost. Senin (25/01/2021).

Kasat Polairud Yarsa panggilan akrabnya menambah bahwa, kejadian itu bermula pada tanggal 11 Januari 2021 sekira pukul 11.00 WIB.

Kapal TB.Mitra Jaya XIX. Yg menggandeng BG/ TK. Makmur Abadi 5. dengan nakhoda Syahrul (45th), bersama 8 crew tugbod dan 2 crew tongkang dari Pelbhan Sungai puting Kalimantan Selatan dengan muatan CPO berangkat dgn tujuan pelabuhan Gresik. Saat perjalanan berlayarnya.

BACA JUGA :  Perguruan Pencak Silat Surban Putih Sampang, Santuni Anak Yatim dan Duafa

“Pada saat sekira pukul 03.14 WIB. Saat melintasi perairan area Bouy 3 ( RIK pengeboran lepas pantai WMO.) tiba tiba ditabrak dari arah depan oleh kapal KM. Tanto Bersinar,yang berangkat dari Surabaya menuju tujuan pelayarannya,” kata dia.

Lanjut pihaknya juga menyebutkan lantaran akibat tabrakan tersebut kapal/TB. Mitra Jaya XIX hilang kontak, Dan Tongkang Makmur Jaya 5 mengalami Robek pada lambung kiri sehingga menimbulkan kebocoran. Selanjutnya tongkang yang mengalami kemiringan dan bocor tersebut dievakuasi oleh kapal lain milik perusahaan tersebut untuk dicarikan tempat yang aman.

“Pihak terkait masih dalam proses penyelidikan penyebab tabrakan kapal tersebut,” Pungkasnya

BACA JUGA :  Diduga Lakukan Aksi Pencurian Kotak Amal di Masjid Nurul Huda Pasean, Warga Tlonto Ares Waru Dibekuk Polisi

Adapun sebagai informasi terbaru nama nama crew TB. Mitra Jaya.XIX. kapal tersebut Sharul (45th)/ nakhoda Fatkhur (48th) Himawan CH. (27th) Arif Maulana ( 47th) Larusman (26th) La Ode Ahmad S (20th) Ulil Amri ( 57th) Budiantoro (50 th). Semua crew yang sampai saat ini masih belum diketahui keberadaannya

Dan dua orang Crew TK. Makmur abadi 5 an. Agung Dwi Prayitno (20th) dan Basuni (53th) saat ini masih diatas tongkang yang bocor dalam keadaan selamat.

“Oleh sebab itu,untuk sementara KM Tanto Bersinar diamankan oleh Patroli AL KRI yang melintas di sekitar TKP,” Tutupnya (Mp/ady/kk)

  • Bagikan