SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
DaerahHeadlinePemerintahan

Sumenep Menjadi Kabupaten Percontohan Dengan Program Percepatan Tanaman Pangan

Avatar
×

Sumenep Menjadi Kabupaten Percontohan Dengan Program Percepatan Tanaman Pangan

Sebarkan artikel ini

SUMENEP, Madurapost.id – Demi menjaga percepatan tanam padi di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) memprogramkan percepatan sebagai upaya penyediaan pangan menghadapi musim kemarau 2020.

Selain itu, sekaligus mencegah terjadinya krisis pangan akibat dampak wabah covid-19, Kepala Dinas (Kadis)-pertahortbun Sumenep, Arif Firmanto, mengatakan, Sumenep sebagai salah satu Kabupaten percontohan di Jatim dalam program percepatan tanam padi tahun ini harus terus dikembangkan.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Baca Juga :  Bantah Tudingan Lakukan Pungli, Dishub Jatim Klarifikasi Ke LSM JCW Sampang

“Karena daerahnya sangat berpotensi untuk tanam padi dan jagung,” kata dia, Senin (22/6/2020).

Diharapkan, gerakan percepatan tanam padi di wabah covid-19 tidak terjadi kekosongan produksi padi, karena para petani tetap menanam padi di daerahnya, bahkan program itu mampu meningkatkan produksi padi melalui intensifikasi dan ekstensifikasi, sehingga Jawa Timur tetap menjadi lumbung pangan nasional.

“Kita memprediksi produksi padi hingga akhir tahun ini sebanyak surplus 2,1 juta ton dan surplus itu tidak hanya untuk kebutuhan di Jawa Timur saja, tetapi bisa didistribusikan ke 15 provinsi lainnya,” ucap Hadi Sulistyo, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan dan Pangan Jatim.

Baca Juga :  Remaja Asal Kangean Sumenep Viral Hingga Diundang ke TransTV

Hadi Sulistyo mengungkapkan, gerakan percepatan tanam padi dilaksanakan pada bulan Juni dan Juli, alasannya pada bulan itu masih ada hujan, sehingga pihaknya menggenjot penanaman dilakukan lebih awal.

“Inilah bentuk kepedulian Gubernur Jawa Timur di wabah Covid-19 supaya seluruh daerahnya melakukan penanaman padi lebih awal,” tuturnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menunjuk sejumlah daerah lain sebagai percontohan percepatan tanam padi di antaranya Kabupaten Jember, Tulungagung, Nganjuk, Ngawi, Bojonegoro dan Kabupaten Tuban.

Baca Juga :  Warga Miskin di Sumenep Akan Dapat Pelayanan Gratis, Berikut Penjelasan Dinas Kesehatan

Selain itu, Kadispertahortbun, Arif Firmanto, menyampaikan terima kasih atas perhatian Gubernur Jawa Timur kepada petani di Sumenep.

“Mudah-mudahan, pelaksanaan tanam padi ini bisa meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Sumenep,” pungkasnya. (Mp/al/kk)

Baca berita lainnya di Google News atau langsung ke halaman Indeks

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.