Stok Obat-Obatan di Sumenep Tahun Ini Aman

  • Bagikan

SUMENEP, MaduraPost – Tahun ini, stok obat diseluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) di Kabupaten, Sumenep, Madura, Jawa Timur, diklaim aman, baik wilayah daratan maupun kepulauan.

Dalam kondisi ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep mengklaim tidak ada kekurangan obat sama sekali. Misalnya saja di daerah kepulauan, Moh. Nur Insan, Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Sumenep menjelaskan, untuk ketersediaan obat-obatan di wilayah kepulauan, sudah direkap sebelum musim gelombang datang. Sehingga, kata dia, saat ini stok obat-obatan sudah tersedia.

BACA JUGA :  Partai Gelora Indonesia DPD Sumenep Mulai Kibarkan Sayap

“Kami sudah mengirimkan obat di Puskemas Kepulauan. Untuk sementara ini, tidak ada dari teman-taman Puskesmas yang kekurangan obat, walaupun itu di kepulauan,” ungkapnya, saat dikonfirmasi sejumlah media di ruang kerjanya, Kamis (25/2).

Sementara untuk menghitung kebutuhan ketersediaan obat-obatan, Dinkes Sumenep telah mengkalkulasi jauh-jauh hari. Hal itu dilakukan, agar kondisi minimnya obat-obatan dapat terhindarkan, utamanya di wilayah kepulauan.

BACA JUGA :  Antisipasi Penyebaran Covid-19, Disdik Sumenep Bagikan Ribuan Maskes Gratis

“Kedepan, kita akan selalu koordinasi dengan teman-teman Puskesmas,” ucapnya.

Disamping itu, soal kebutuhan obat-obatan dibeberapa Puskesmas yang ada di 27 Kecamatan Sumenep, dia mengajak untuk Puskesmas selalu melakukan hitung-hitungan ketersediaan. Tentu, sesuai dengan kebutuhan skala prioritas.

“Prioritasnya itu dihitung dari sepuluh angka kesakitan terbanyak. Selain itu, ditambah kemungkinan yang akan terjadi. Jika kemungkinan terjadi kejadian luar biasa, maka kita harus melakukan penghitungan perkiraan tambahan. Semisalnya, deman berdarah dan lain-lain,” jelasnya. (Mp/al/kk)

  • Bagikan