Spirit Hari Jadi Sampang ke 398, Bupati dan Wakil Bupati Nyekar ke Makam Rato Ebu

  • Bagikan
Bupati Sampang (H. Slamet Junaidi) Beserta Rombongan Saat Melakukan Tabur Bunga Di Makam Rato Ebu Sampang ( Foto : Pemkab Sampang)

SAMPANG, MaduraPost – Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi bersama Wakil Bupati (Wabup) H. Abdullah Hidayat berziarah ke makam leluhur Rato Ebu di Jalan Mangkubumi, Kelurahan Polagan, Kecamatan/Kabupaten Sampang, Kamis (23/12/2019).

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Sampang yang ke-398. Turut ikut dalam ziarah tersbeut Forkopimda Kabupaten Sampang, Sekdakab H. Yuliadi Setiawan, Ketua TP PKK Hj. Mimin Slamet Junaidi, Wakil Ketua TP PKK Sampang Hj. Vanny Abdullah Hidayat serta Kepala OPD, Camat dan Tokoh Agama serta Masyarakat.

BACA JUGA :  Pesan Moral Bupati Sumenep di Hari Kemerdekaan ke 76 RI

Kehadiran Bupati dan Wabup Sampang di tempat yang sakral itu disambut dengan iringan tabuhan musik hadrah sehingga menambah khidmat acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pembacaan sejarah Rato Ebu, Pangeran Trunojoyo, Pangeran Sento Merto, Aji Gunung dan Mantan Gubernur Jawa Timur RP. Moh Noer.

Dalam sambutannya, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan bahwa ziarah ke makam leluhur merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Kabupaten Sampang ke 398.

BACA JUGA :  Pengeboran di Sana Tengah Terindikasi Gagal Konstruksi, FAAM : Langgar PP No. 29 Tahun 2000

Pihaknya berpesan sebagai generasi penerus harus mengingat dan merevitalisasi momen historis tersebut sebagai pondasi semangat untuk membangun kejayaan Sampang.

“Kami mengajak untuk mencintai dan merawat apa yang diwarisi dari leluhur kita, tugas kita untuk meneruskan cita-cita dan visi mereka untuk memajukan masyarakat serta menjaga jati diri kita sebagai masyarakat Sampang,” ucapnya.

Haji Idi menyampaikan bahwa Rato Ebu, Pangeran Santo Merto, Pangeran Trunojoyo, Aji Gunung hingga Raden Pangeran Moh. Noer adalah tokoh-tokoh legendaris yang pantas kita teladani perjuangannya.

BACA JUGA :  Dugaan Pungli Program Prona Desa Bira Barat Menyeret Nama Kepala Desa

“Mari kita jadikan jejak langkah mereka sebagai inspirasi, membangun Kabupaten Sampang dan mewujudkan masyarakat Sampang yang hebat dan bermartabat,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sampang ke 398 digelar mulai dari Ziarah Makam Leluhur kemudian diakhiri dengan malam resepsi.

  • Bagikan