SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Pemerintahan

Pemkab Sumenep Raih Sertifikat dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Begini Kata Wabup!

Avatar
×

Pemkab Sumenep Raih Sertifikat dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Begini Kata Wabup!

Sebarkan artikel ini
PENGHARGAAN. Potret Wabup Sumenep, Dewi Khalifah, saat menerima sertifikat Adipura kategori Kota Kecil atas kinerja pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau wilayah kota 2022. (Istimewa for MaduraPost)

SUMENEP, MaduraPost – Tepat di hari Selasa, 28 Februari 2023 kemarin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep kembali mendapatkan penghargaan tingkat nasional. Jumat, 3 Maret 2023.

Penghargaan itu berupa sertifikat Adipura kategori Kota Kecil atas kinerja pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau wilayah kota 2022.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Diketahui, penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, di Gedung Manggala Wana Bhakti, Jakarta, kepada Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Dewi Khalifah.

Baca Juga :  Kapal Bermuatan 7.800 Tabung Elpiji Tenggelam di Pelabuhan Desa Gersik Putih, Begini Kronologinya!

“Kami berterima kasih kepada masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang telah berjuang dan bersinergi bersama untuk menciptakan Kabupaten Sumenep bersih dan asri,” kata Wabup Dewi Khalifah seusai menerima penghargaan, Selasa (28/2/2023) kemarin.

Wabup Dewi Khalifah mengatakan, dengan raihan ini menjadi semangat untuk pihak terkait dalam memprogramkan langkah lanjutan.

Tentunya, kata dia, dalam rangka mendorong pelibatan peran aktif masyarakat agar meningkatkan kesadaran peduli kebersihan lingkungan.

Baca Juga :  Bupati Sumenep Siap Menerapkan Inpres No 6 Tahun 2020 Tentang Penanganan Covid-19

“Menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan targetnya bukan meraih Adipura, namun yang terpenting adalah membudidayakan dan menanamkan kesadaran supaya berpola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan,” ujar Wabup Dewi Khalifah.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep, Arif Susanto, berharap dengan diraihnya sertifikat Adipura bisa menjadi pendorong semangat untuk tetap meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan.

Baca Juga :  APBD Sampang Terpotong Rp 67 M Untuk Bayar Hutang

“Salah satunya, pengurangan sampah dan mengolahnya jadi kompos, briket dan lainnya, dengan melibatkan elemen masyarakat serta OPD lainnya,” tutur dia.

Menurutnya, DLH Sumenep dapat memaksimalkan penanganan lingkungan sesuai dengan Peraturan Menteri LHK Nomor 76 Tahun 2019, yakni membutuhkan partisipasi masyarakat hingga pelosok desa.

“Yang jelas, kami bergotong royong untuk bekerja keras dalam menangani sampah, seperti di pasar, taman kota dan pusat keramaian lainnya,” tandasnya.***

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp Madura Post sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.