Pemasangan Penerangan Jalan Umum di Pantura Sampang Terancam Tidak Selesai Sesuai Deadline

  • Bagikan

SAMPANG, MaduraPost – Akses jalan nasional yang berada di wilayah pantai utara (Pantura) Kabupaten Sampang tahun 2020 mendapat bantuan pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) solar cell dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Pemasangan PJU tersebut tersebar di empat lokasi. Yakni jalan raya Banyuates tepatnya di Desa Trapang, jalan raya Ketapang, area wisata pantai lon malang dan pantai jodoh yang ada di Desa Bira Tengah dan Bira Timur hingga Tamberu Barat Kecamatan Sokobanah Sampang.

Sayangnya, sudah akhir tahun program tersebut baru dimulai. Terbukti, saat ini masih tahap pengecoran pondasi tiang. Adapun jumlah PJU semuanya ada 235 titik.

BACA JUGA :  Bupati Sampang Semprot Kades yang Tidak Hadir Dalam Peresmian Balai Desa Tobai Barat

Kasi Teknis Sarana Prasarana (TSP) Jalan Dishub Sampang Heri Budiyanto saat dikonfirmasi oleh MaduraPost mengatakan, tahun ini Pemerintah kabupaten (Pemkab) mendapatkan program pemasangan PJU solar cell dari pemerintah pusat, dan saat ini sudah mulai dikerjakan.

Untuk jumlah PJU semuanya ada 235 titik yang akan disebarkan ke empat lokasi. Yaitu Banyuates, Ketapang sampai Sokobanah.

” Banyuates 21 titik, Ketapang s/d lon malang 200 titik, Tamberu barat 6 titik, Pantai jodoh 8 titik,” ungkapnya Selasa (08/12/2020).

BACA JUGA :  Ini Jadwal Launching Mall Pelayanan Publik di Bangkalan

Pihaknya mengeklaim program tersebut selesai sebelum deadline yang ditentukan. Karena dalam pemasangan PJU dengan jenis solar cell waktunya tidak lama seperti pemasangan PJU listrik. Sebab, tidak harus daftar ke kantor PLN untuk mengaktifkan.

Selain itu, dalam melakukan pengerukan dan pengecoran menggunakan alat mesin. Jika dilakukan dengan tenaga pekerja, tentu realisasi program tersebut butuh waktu lama.

Adapun pekerjanya langsung dari pemerintah pusat. Dinas perhubungan (Dishub) Sampang hanya melakukan pengawasan atau monitoring terkait realisasi pemasangan PJU solar cell ini.

BACA JUGA :  Ulama Datangi DPRD Desak Paham Komunis Hilang dari Bumi Sampang

“Sudah dikerjakan pada 20 November kemaren, dan saat ini sudah tahap pengecoran, setelah itu nanti langsung pemasangan PJU solar cell,” imbuhnya.

Kendati demikian, dari 235 titik PJU solar cell Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menggelontorkan dana sebebsar Rp 9,3 miliar yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Sekarang saya ke pantura mas untuk mengecek,” pungkasnya. (Mp/ron/rul)

  • Bagikan