SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
DaerahHeadlineKesehatan

Lagi…!!! Empat Warga Sumenep Dinyatakan Positif Covid-19

Avatar
×

Lagi…!!! Empat Warga Sumenep Dinyatakan Positif Covid-19

Sebarkan artikel ini

SUMENEP, Madurapost.id – Lagi, 4 orang asal Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, kembali terjangkit virus corona atau covid-19. Kali ini 4 warga yang terpapar covid-19 berasal dari Desa Kolor, Kecamatan Kota.

Hingga kini, total kasus covid-19 di Sumenep menjadi 16 orang terkonfirmasi, dari semula 12 kasus bertambah 4 kasus pada Kamis (4/6/2020).

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

“Kabupaten Sumenep bertambah positif atau terkonfirmasi covid-19 yang semula sudah 12 pasien hari ini bertambah 4 pasien,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya, dalam rilisnya.

Pihaknya menjelaskan, bahwa pasien nomor 13, 14, 15 dan 16 semuanya berdomisili di Kecamatan kota Sumenep.

“Semuanya berasal dari Desa Kolor. Ke 4 yang positif ini semuanya adalah hasil Swab di Kabupaten Sumenep,” terangnya.

Baca Juga :  28 Destinasi Wisata di Sumenep Direncakan Dibuka Serentak Pada Hari Raya Ketupat

Ke 4 pasien tersebut saat ini telah dilakukan penjemputan oleh tim medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep dan langsung dirawat di ruang isolasi.

“Untuk pasien positif covid-19 nomor 13, sudah dilakukan Rapid Test terhadap kontak erat keluarganya, dan hasilnya reaktif. Kemudian hasil Swab negatif, sehingga ketika akan mengikuti hasil Swab yang lebih akurat,” jelas dia.

Kemudian, lanjutnya, untuk pasien nomor 14 dan 15 sedang tracing (Pengecekan) kepada kontak erat keluarganya. Sebab, pasien nomor 14 dan 15 satu domisili atau satu alamat, dan masih ada hubungan keluarga.

Baca Juga :  Tim Pemenangan Cakades di Waru Barat Diduga Manfaatkan Bansos dan Partai Politik

“Maka tindaklanjutnya, kita melakukan tracing terhadap kontak erat keluarganya, tentunya kepada semua pasien sedang dilakukan tracing, termasuk pasien nomor 16,” urainya.

Selanjutnya, untuk pasien nomor 16 juga telah dilakukan satu orang kontak erat Rapid Test, dan hasilnya negatif.

Ferdiansyah menambahkan, tim medis telah melakukan tindakan-tindakan, yakni penyemprotan disinfektan di sekitar rumah pasien, khususnya di 3 domisili Desa Kolor Kecamatan Kota.

“Saat ini petugas sudah bergerak kepada alamat 4 pasien, untuk melakukan penyemprotan dan sudah dilakukan koordinasi dengan Camat, Kepala Desa (Kades), dan Puskesmas maupun wilayah atau lingkungan di sekitarnya untuk mencegah penularan yang lebih melebar,” tambahnya.

Baca Juga :  Polsek Kota Sumenep Membekuk Dua Laki-laki karena kedapatan membawa Narkotika Jenis Sabu

Dia mengimbau, bagi kontak erat keluarga yang merasa ataupun pernah melakukan kontak terhadap pasien yang positif covid-19 untuk segera menginformasikan kepada tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sumenep.

“Karena kejujuran dari pasien ini yang menentukan kesehatan dari lingkungan saat ini Kabupaten Sumenep,” timpalnya.

Saat ini, Sumenep telah memasuki tahap transmisi lokal. Sebab, 4 pasien baru yang terjangkit virus corona semuanya tertular dari lokal.

“Kalau dari pasien sebelum-sebelumnya sudah terpapar dari luar. Saat ini sudah mulai kita terpapar oleh dari cluster yang sebelumnya. Oleh sebab itu, kepada masyarakat kami mengimbau untuk disiplin dan taati protokol kesehatan dengan perilaku hidup bersih dan sehat,” tandasnya. (Mp/al/kk)

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.