KPU Tetapkan Fauzi-Eva Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumenep

  • Bagikan

SUMENEP, MaduraPost – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa, Timur, sah malam ini, Jumat (22/1) tetapkan pasangan calon (Paslon) Achmad Fauzi – Dewi Khalifah terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumenep keluar menjadi pemenang, dari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 lalu.

Diketahui, pada tanggal 20 Januari 2020 kemarin, KPU Sumenep telah menerima surat dinas KPU RI nomor 60 sebagai bentuk tindak lanjut Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) yang dikirim oleh Mahkamah Konstitusi (MK) ke KPU Sumenep.

“KPU Kabupaten diberikan waktu oleh KPU RI untuk melakukan penetapan calon terpilih, karena tidak ada gugatan di MK, maksimal lima hari sejak diterimanya BRPK oleh KPU RI. Alhamdulillah, pada hari ini kita telah melaksanakan tugas itu,” terang Rahbini, Komisioner KPU Sumenep, Divisi Teknis, saat dikonfirmasi awak media usai acara, Jumat (22/1).

BACA JUGA :  Pelayanan Desa Banyunning Laok Diprotes, Puluhan Warga Datangi DPRD Bangkalan

Dia mengatakan, KPU Sumenep dalam menjalankan tugasnya tidak mengalami kendala hingga akhir penetapan Paslon terpilih.

“Alhamdulillah dalam proses tahapan kegiatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep sejak dari awal sampai malam hari ini penetapan berjalan dengan lancar,” katanya.

Usai penetapan Paslon Bupati dan wakil Bupati terpilih, KPU Sumenep akan menyerahkan berkas keseluruhan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

BACA JUGA :  Sah ! Hari Ini Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Resmi Dilantik, Ini Delapan Program Unggulannya

“Nah, untuk selanjutnya ditindakanjuti, diajukan ke Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur Jawa Timur,” paparnya.

Meski tahapan penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati telah selesai, masyarakat Sumenep umumnya ingin mengetahui kapan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati tersebut berlangsung. Saat itu juga, Sumenep siap untuk memiliki pemimpin baru selama lima tahun ke depan.

Hasil informa yang dihimpun media ini, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep ditetapkan pada tanggal 17 Februari 2021.

BACA JUGA :  Fauzi-Eva Dilaporkan Kasus Money Politik ke Bawaslu Sumenep

“Kalau pelantikan sudah ada di ranahnya Kemendagri dan Gubernur. Kemudian untuk berkas penetapan sudah saya serahkan ke DPRD Kabupaten,” tutur dia.

Sekedar informasi, penetapan Bupati dan Wakil Bupati tersebut nampak terlihat dihadiri langsung calon Bupati terpilih 01 dan calon Bupati 02, pimpinan (Parpol), dan perwakilan anggota DPRD Sumenep.

Acara tersebut di mulai Jumat malam, sekitar pukul 19.00 WIB di kantor KPU setempat, jalan Asta Tinggi, Desa Kebunagung, Kecamatan Kota. (Mp/al) 

  • Bagikan