Daerah  

Galeri Batik Rato WMS Buka Harga Promo dan Belajar Melukis Batik Gratis

Avatar

SUMENEP, Madurapost.net – Peringati hari Batik Nasional 2 Oktober 2020, salah satu pengusaha batik tulis di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur buka pembelajaran melukis batik secara gratis.

Selain bisa belajar gratis, promo batik hingga 30 persen juga dibuka khusus peringatan Hari Batik Nasional. Batik tulis yang membuka promo ini adalah galeri Batik Rato WMS.

Sentra batik sekaligus tempat Wirausaha Muda Sumenep ini terletak di jantung kota, tepatnya di jalan dr. Soetomo nomor 03, sebelah selatan kantor PU Bina Marga Sumenep.

“Kami di hari batik nasional ini mengucapkan kepada anak muda dan pengrajin batik di Sumenep agar bisa menjaga kelestarian batik bersama,” kata Ach. Junaidi, selaku tim bisnis Batik Rato WMS pada media, Jumat (2/10).

BACA JUGA :  IKA PMII Ganding Bantu Bedah Rumah Warga Tidak Mampu

Pihaknya mengatakan, bahwa telah membuka promo besar-besaran. Kemudian memberikan pembelajaran secara gratis pada anak usia dini, dari umur 5 sampai 10 tahun.

Menurutnya, batik adalah bagian penting untuk dilestarikan khususnya oleh pemuda Sumenep dalam memberikan kontribusi, agar budaya membatik tidak hilang dikikis zaman.

“Mengingat hari ini sudah banyak tren-tren pakaian, maka dengan cara membatik ini sebagai salah satu upaya melestarikan kerajinan tangan,” ujarnya.

Dalam karya batik tulis di galeri Batik Rato WMS tersebut memiliki ciri khas dan keberagaman atas kota ujung timur Pulau Madura itu.

BACA JUGA :  Wings Air dan Citilink Pamit, Bandara Trunojoyo Sumenep tak Lagi Layani Penerbangan Komersil

“Setiap produk milik kami itu pasti ada gambar keris. Karena Sumenep dikenal dengan Kota Keris sebagai icon,” ucapnya.

Diantaranya, dalam karya batik tulis Rato WMS juga ada logo labang mesem, mesjid jamik, ayam cukir, kerapan sapi, ojhung, dan lainnya. Tentu, hal tersebut telah menjadi ciri Kota Sumenep.

“Untuk promo hari ini kami berani ambil potongan harga, karena memperingati hari batik nasional ini saja,” papar Junaidi.

Dari mulai harga 600 ribu dipotong hingga 30 persen. Selain itu, varian harga batik tulis lainnya juga memiliki potongan harga fantastis.

BACA JUGA :  Untuk Penanganan Covid-19, Bangkalan Mendapat Suntikan Dana 250 Juta dan 500 Handsanitizer dari Anggota DPR-RI

“Paling mahal harga disini batik 600 ribu. Insyaallah kami butuh ketelatenan juga. Kalau harganya mahal berarti prosesnya lama juga,” tuturnya.

Batik tulis Rato WMS diketahui telah go internasional. Misalnya saja telah di pakai oleh model putri Indonesia di Jawa Timur. Pada tahun 2019 lalu, promo batik Rato WMS dipakai oleh para kalangan artis, salah satunya Mela Sandra dan putri Indonesia lainnya.

“Kami juga pernah di undang ibu Arumi untuk mengisi acara pemilihan putri Indonesia, batik kami diperagakan di acara itu. Kami kemudian mendapatkan penghargaan,” timpalnya. (Mp/al/kk)