SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Hukum & Kriminal

FPK Gelar Aksi Solidaritas di Kantor Kejari Sumenep, Jaksa Hanis Diminta Tanggung Jawab

Avatar
×

FPK Gelar Aksi Solidaritas di Kantor Kejari Sumenep, Jaksa Hanis Diminta Tanggung Jawab

Sebarkan artikel ini
AKSI SOLIDARITAS. Potret belasan pemuda saat menyatakan sikap usut tuntas oknum jaksa Kejari Sumenep yang melakukan pemerasan. (M.Hendra.E/MaduraPost)

SUMENEP, MaduraPost – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Front Pejuang Keadilan (FPK) menggelar aksi solidaritas di depan Kantor Kejari Sumenep, Madura, Jawa Timur, Sabtu (8/6/2024) malam.

Aksi kemanusiaan ini dilakukan belasan pemuda untuk mengenang 7 hari mendiang Zainol Hayat yang meninggal pada Minggu (2/6/2024) lalu.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mereka ikut menyuarakan keadilan bagi keluarga Zainol Hayat yang menerima perlakuan kurang baik dari Aparat Penegak Hukum (APH), dalam hal ini Kejari Sumenep.

Baca Juga :  Oknum ASN di Lingkungan Pemkab Sumenep Jadi Makelar Jual Beli Jabatan

Di depan Kantor Kejari Sumenep, massa aksi menempelkan foto mendiang Zainol Hayat. Ada puluhan lilin yang dihidupkan hingga doa tahlil bersama dilakukan.

Kemudian, sejumlah poster yang bertuliskan ‘Sumenep Krisis Supremasi Hukum, Ada Oknum Jaksa Pelaku Pemerasan’ dipampang di pagar kantor Kejari setempat.

“Usut tuntas oknum jaksa yang langgar etik,” berikut bunyi tulisan dalam pamflet yang dibawa massa aksi.

Baca Juga :  Pupuk Mahal, Kios di Tambelangan Sampang Diduga Jual Diatas Harga HET

Pernyataan sikap juga dilontarkan oleh para relawan yang peduli tentang kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh Jaksa Hanis Aristya Hermawan kepada keluarga mendiang Zainol Hayat tersebut.

“Dalam 3×24 jam kami meminta Kejaksaan Negeri Sumenep, menyatakan sikap terkait dugaan pemerasan oleh oknum jaksa,” kata
Abd. Halim koordinator lapangan (korlap) aksi dalam keterangannya pada wartawan, Sabtu (8/6) malam.

Baca Juga :  LSM JCW Sebut Kejari Sampang “Ngibul” Terkait Kasus PTSL Desa Bira Barat

Mereka juga meminta supremasi hukum di tubuh Kejari Sumenep sebagai institusi APH harus adil dan benar-benar menjalankan tugasnya dengan jujur.

“Usut tuntas dan adili oknum Jaksa Hanis yang diduga terseret sebagai pelaku pemerasan terhadap salah satu tahanan,” kata Halim lebih lanjut.

Pantauan di lokasi, puluhan personel Polres Sumenep dikerahkan untuk menjaga kondusifitas aksi solidaritas itu, hingga arus mobilitas terjaga.***

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.