SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Headline

Festival Layangan LED Akan Menghiasi Pantai Lombang Sumenep, Yuk Ikutan Lombanya!

Avatar
×

Festival Layangan LED Akan Menghiasi Pantai Lombang Sumenep, Yuk Ikutan Lombanya!

Sebarkan artikel ini
PAMFLET. Potret Festival Layangan LED akan digelar Pemkab Sumenep di Malam Hari Raya Ketupat, Pantai Lombang. (Istimewa for MaduraPost)

SUMENEP, MaduraPost – Kembali lagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan menyelenggarakan sejumlah hiburan tradisional. Kamis, 16 Maret 2023.

Melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep, pagelaran tradisional ini terus digalakkan.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Demi memperkenalkan budaya Sumenep ke belahan dunia akan kekayaan yang dimiliki, sebentar lagi akan ada kegiatan tradisional Nusantara.

Berbagai hiburan tradisional akan dipersembahkan kepada masyarakat umum, khususnya warga Sumenep.

Kegiatan tersebut meliputi Festival Layangan LED ‘Piala Bergilir Bupati Sumenep’ yang akan digelar di Pantai Lombang, Kecamatan Batang-Batang.

Di mana, festival ini merupakan pertama kalinya di Madura. Uniknya, pada festival kali ini layangan tersebut akan diterbangkan pada malam hari, tepat pada Malam Hari Raya Ketupat di Pantai Lombang.

Baca Juga :  Lawan Covid-19, Tim Media Center Diskominfo Sumenep Dapat Bantuan APD Dari BAZNAS

Kemudian, ratusan peserta Festival Layangan LED akan menghiasi langit dengan aksesoris lampu warna-warni nantinya.

Kepala Disbudporapar Sumenep, Moh. Iksan mengatakan, layangan LED merupakan layangan biasa berbagai bentuk yang dilengkapi lampu warna-warni dengan baterai yang biasanya tidak perlu dicas ulang selama mengudara.

Dengan kreatifitas kreator, kata Iksan menerangkan, layangan mereka bisa membuat modul elektronik yang bisa jadi sumber tegangan LED layangan tersebut, bahkan bisa menyala semalam suntuk.

Baca Juga :  Pihak Keluarga Serahkan Pemilik Akun “Allby Madura” ke Polres Sampang

“Dalam Festival Layangan LED, karena yang diutamakan adalah keindahan aksesoris lampunya, maka dibutuhkan kreativitas tinggi dari peserta untuk menciptakan layangan yang indah dan menarik saat diterbangkan,” kata Iksan mengungkapkan pada sejumlah media baru-baru ini, Kamis (16/3).

Para peserta nantinya harus mempersiapkan keindahan layangan untuk mengikuti festival tersebut. Diketahui, festival ini terbuka untuk umum.

“Karena Festival Layangan LED pertama diadakan di Madura khususnya Sumenep, tentunya dengan hadiah jutaan rupiah dan piala Bupati bergilir,” ujar Iksan.

Baca Juga :  Syaikhona Kholil Bangkalan: Jejak Perjalanan Mahaguru Ulama yang Kharismatik

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat memacu usaha-usaha kecil baik kuliner, oleh-oleh, dan usaha lainnya di sekitar Kecamatan Batang-batang dan Pantai Lombang.

Pihaknya juga menjelaskan, bahwa Festival Layangan LED tersebut akan dibuka langsung oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Di sana, Bupati Sumenep Achmad Fauzi akan menginap di Pantai Lombang bersama jajaran Forkopimda lainnya, sekaligus membuka Pesta Ketupat Rakyat di keesokan harinya.

Untuk diketahui, kegiatan Festival Layangan LED ini bekerjasama dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kecamatan Batang-Batang, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) serta pihak kecamatan setempat.***

Baca berita lainnya di Google News atau langsung ke halaman Indeks

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.