SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
DaerahHeadlineKesehatan

DLH Sumenep Sediakan Tong Sampah Khusus Sampah Masker

Avatar
×

DLH Sumenep Sediakan Tong Sampah Khusus Sampah Masker

Sebarkan artikel ini

SUMENEP, MaduraPost – Demi menekan angka penyebaran covid-19 di Kabupaten Sumenep, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat sediakan ratusan tong sampah khusus sampah masker. Tong sampah masker itu didistribusikan ke lingkungan pemerintah dan tempat umum.

Kepala DLH Sumenep, Koesman Hadie, melalui Kapala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah, Limbah, serta Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Agus Salam, mengatakan bahwa penyediaan tong sampah tersebut berdasarkan intruksi dari menteri lingkungan hidup.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Baca Juga :  Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Rekkerrek Untuk Pamekasan Hebat

“Sesuai surat edaran menteri lingkungan hidup bahwa Kita dianjurkan untuk menyediakan tong sampah untuk masyarakat guna mengantisipasi covid-19,” ungkapnya pada awak media, Senin, (27/4).

Dengan danya tong sampah, kata Agus, hal itu bertujuan untuk memfilter sampah medis dan non medis ditengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

“Kita siapkan tempat sampah secara khusus untuk masker sehingga masyarakat tidak mencampur sampah masker dengan sampah non medis.” terangnya.

Baca Juga :  TPA di Sumenep Terbakar, Pengelolaan Sampah Tahun Ini Capai 33,32 Ton per Hari

Pihaknya juga menjelaskan, pengumpulan sampah masker tersebut nantinya secara khusus akan ditangani oleh DLH Sumenep, utamanya bidang Pengelolaan Sampah, Limbah, serta Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

“Nanti masker itu pengambilannya oleh petugas dari kami, selanjutnya masker tersebut akan dilakukan pencucian dan kita potong-potong supaya aman dan tidak dipakai lagi oleh masyarakat.” Ucapnya.

Baca Juga :  Belum Dua Tahun, Proyek Peningkatan Jalan di Desa Lembung Timur Sumenep Rusak

Dia menyebutkan, 100 tong sampah yang dikhususkan itu akan di tempatkan dilingkungan pemerintah dan sejumlah tempat umum. Sementara, pihaknya akan melakukan pengambilan sampah tersebut dalam dua kali sehari.

“Untuk penempatan sampah masker ini di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan di ruang publik, seperti masjid, taman bunga, wifi corner dan Tajamara.” jelas dia. (Mp/al/rus)

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.