Bangunan Ponkesdes Sana Laok Mangkrak, Petugas Medis Enggan Buka Praktik

  • Bagikan
MANGKRAK: Bangunan Ponkesdes di Desa Sana Laok, Kecamatan Waru, sengaja dibiarkan mangkrak tidak ditempati petugas medis. (foto: dok MaduraPost)

PAMEKASAN, MaduraPost – Keberadaan bangunan Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) di Desa Sana Laok, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan, tampak sengaja dibiarkan mangkrak tak ditempati petugas medis, baik bidan maupun perawat.

Warga sekitar tidak banyak tahu alasan bangunan kesehatan tersebut tidak dioperasikan. Padahal menurut sebagian warga, hadirnya ponkesdes itu cukup memberikan pelayanan kesehatan. Hanya disayangkan ketika keberadaannya kini tidak difungsikan.

BACA JUGA :  Pemkab Sampang Sediakan Anggaran Rp 137 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

“Memang sudah lama tidak ada yang membuka praktik. Dulu petugasnya sempat ada, tapi sekarang sudah tidak tahu kemana,” kata salah seorang warga bernama Rifa’e, Sabtu (27/11).

Akibat tidak difungsikan, kata dia, warga sekitar saat ini cukup kesulitan berkonsultasi soal kesehatan. Mereka harus pergi ke Puskesmas Waru atau ke Puskesmas Tampojung.

BACA JUGA :  Resepsi Pernikahan Diperbolehkan, Begini Aturan PPKM Level Sumenep

Sementara itu, Aktivis Pemuda Pantura Ahmad Humaidi mengatakan ponkesdes merupakan tempat alternatif untuk pelayanan kesehatan khususnya yang berada di pedesaan. Namun bagaimana jadinya jika paramedis yang ditugaskan tidak menempati atau buka praktik.

“Hal ini mendandakn bahwa lemahnya pengawasan, baik dari pihak puskesmas ataupun dari pihak dinas kesehatan, sehingga bidan dan perawat seenaknya buka-tutup praktik,” tegasnya.

  • Bagikan