Scroll untuk melanjutkan membaca
Daerah

3 Keunggulan Geografis Bangkalan yang Belum Dimiliki Daerah Lain di Madura

Avatar
×

3 Keunggulan Geografis Bangkalan yang Belum Dimiliki Daerah Lain di Madura

Sebarkan artikel ini
Potret Jembatan Suramadu sebagai akses penghubung Madura dan Kota Surabaya yang berada di Kabupaten Bangkalan. (ist/dok)

PAMEKASAN, MaduraPost – Kabupaten Bangkalan merupakan satu di antara 3 kabupaten lain di Pulau Madura, setelah Kabupaten Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Bangkalan sendiri berpenduduk 1.060.377 jiwa, yang terdiri dari 18 kecamatan, 273 desa dan 8 kelurahan. Pusat pemerintahannya berada di Kecamatan Bangkalan.

advertisement
Scroll untuk melanjutkan membaca

Bangkalan sering juga disebut sebagai Surabaya Utara karena letaknya yang bersebelahan dengan Surabaya. Meski demikian, tidak banyak tahu tentang potensi dan kelebihan Bangkalan.

Baca Juga :  Pemkab Bangkalan Tegaskan Tidak Ada Perayaan Natal 25 Desember 2020

MaduraPost merangkum dari berbagai sumber, inilah keunggulan Bangkalan secara geografis dibangkin 3 kabupaten lain di Pulau Madura.

1. Pelabuhan Kamal

Dari sisi geografis, Bangkalan punya Pelabuhan Kamal merupakan sebuah tanda jika daerah jadi akses lalu lintas umum.

Pelabuhan Kamal ini sebagai pintu gerbang daerah atau pulau. Sehingga terdapat layanan kapal feri yang menghubungkan Madura dengan Surabaya yakni Pelabuhan Tanjung Perak.

2. Jembatan Suramadu

Berikutnya adalah akses Jembatan Suramadu. Jembatan ini jadi penghubung Madura dan Surabaya dan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Baca Juga :  PAD Destinasi Wisata di Sumenep Tahun 2021 Diharapkan Bisa Mencapai Target

Menariknya lagi, sejak diresmikannya Jembatan Suramadu, Kabupaten Bangkalan menjadi gerbang utama Pulau Madura serta menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Jawa Timur.

3. Masuk Kawasan Metropolitan

Keunggulan lain Bangkalan merupakan masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yang disingkat ‘Gerbangkertosusila’ yakni Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan.

Gerbangkertosusila merupakan kawasan strategis dari sudut kepentingan pertumbuhan ekonomi. Penataan ruang kawasan perkotaan Gerbangkertosusila ini memiliki tujuan untuk menjadikan kawasan perkotaan sebagai salah satu pusat ekonomi nasional.

Baca Juga :  Tiga OPD di Bangkalan di Jabat Plt, ini Langkah Bupati Bangkalan

Rencana struktur tersebut ditetapkan dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan pusat kegiatan sebagai penunjang dan penggerak kegiatan sosial ekonomi masyarakat yang memiliki hubungan fungsional.

Demikian ulasan keunggulan Bangkalan dari sisi geografis. Semoga hal ini bisa menambah wawasan dan pengalaman baru.***

Baca berita lainnya di Google News atau langsung ke halaman Indeks

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.