SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
DaerahHeadlineKesehatan

18 Kasus Covid-19 di Sumenep, 1 Orang Meninggal Berstatus PDP, 1 Orang Lagi Dirawat di RSI Kalianget

Avatar
×

18 Kasus Covid-19 di Sumenep, 1 Orang Meninggal Berstatus PDP, 1 Orang Lagi Dirawat di RSI Kalianget

Sebarkan artikel ini

SUMENEP, Madurapost.id – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, kembali bertambah pasien positif covid-19 sebanyak 2 orang. Dari yang semula tercatat 16 kasus, saat ini terakumulasi menjadi 18 kasus.

Dari ke 2 pasien tersebut, salah satunya telah meninggal beberapa waktu lalu dengan status PDP (pasien dalam pengawasan).

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Humas Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya, menjelaskan, pasien konfirmasi nomor 17 adalah Iaki-Iaki asal Kecamatan Guluk-Guluk. Ia bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Surabaya.

Baca Juga :  Antisipasi Penyebaran Covid-19, Kapolsek Palengaan Sosialisasi Pola Hidup Sehat di Ponpes Mambaul Ulum Bata-bata

“Di Surabaya yang bersangkutan sempat di tes cepat (rapid test). Hasilnya non reaktif. Kemudian swabnya juga negatif. Namun karena tak kunjung sembuh, akhirnya pihak keluarga menjemputnya untuk dirawat di Sumenep,” ungkapnya, dalam konferensi pers online, Ahad (14/6).

Dijelaskan, pada tanggal 7Juni 2020 kemarin, yang bersangkutan masuk Rumah Sakit Islam (RSI) di Kalianget dan kembali dites cepat, hasilnya non reaktif.

“Tapi dari hasil pemeriksaan media, menunjukkan gejala yang mengarah kepada Covid-19. Sehingga statusnya dinaikkan menjadi PDP,” terangnya.

Baca Juga :  BKPSDM KABUPATEN PAMEKASAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1441 H, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Sehari berikutnya, lanjutnya, yang bersangkutan kembali di Swab di rumah sakit tersebut. Kemudian, pada tanggal 13 Juni 2020 kemarin, hasil swabnya keluar, dan terkonfirmasi positif Covid-19.

Saat ini yang bersangkutan dirawat di RSI Kalianget, kondisinya semakin membaik. Selanjutnya, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 nomor 18 juga berjenis kelamin laki-Iaki, asal Kecamatan Talango.

Pasien masuk RSI Kalianget pada tanggal 7 Juni 2020 kemarin dengan keluhan sesak nafas dan hasil Rapid Test menunjukkan radang paru-paru. Lalu, yang bersangkutan dilakukan tes cepat, dan silnya reaktif.

Baca Juga :  Program ‘Lu Ganteng Pa’ Menjadi Pendongkrak Kualitas Sapi Madura, Begini Penjelasan DKPP Sumenep

Sehingga dilanjutkan dengan periksaan Swab. Sebelum hasil Swab keluar, yang bersangkutan meninggal dunia dengan status PDP. Sehingga proses pemulasarannya dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Hasil pemeriksaan Swab yang bersangkutan keluar pada tanggal 13 Juni kemarin, yang menunjukkan pasien nomor 18 ini terkonfirmasi positif Covid-19.

”Tindakan yang telah kami lakukan, di antaranya, melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah pasien nomor 17 dan 18,” tandasnya. (Mp/al/kk)

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.