Upaya Disdik Sumenep Maksimalkan Ketersediaan Kepala Sekolah

Avatar
WAWANCARA. Agus Dwi Saputra, Kepala Disdik Sumenep, saat diwawancara MaduraPost beberapa waktu lalu. (MaduraPost/M. Hendra. E)

SUMENEP, MaduraPost – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus memaksimalkan ketersediaan kepala sekolah. Sabtu, 19 Maret 2022.

Buktinya, lembaga pendidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep akan segera mengisi kekosongan kepala sekolah di beberapa wilayah daratan maupun kepulauan.

Kepala Disdik Sumenep, Agus Dwi Saputra mengatakan ada beberapa sekolah yang saat ini masih tidak terisi kepala sekolah melainkan pelaksana tiga (Plt), sebab itu dirinya telah melaksanakan pelatihan kepada 84 orang calon kepala sekolah.

BACA JUGA :  Polisi Sahabat Anak, Kapolsek Palengaan Sambangi TK Pertiwi Dharma Wanita

“Pelatihan ini sebagai upaya mematangkan calon Kapsek, sesuai dengan keinginan Bupati Sumenep,” kata Agus pada sejumlah media, Sabtu (19/3).

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kepegawaian Disdik Sumenep menyebut, ada sekitar 154 Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Sumenep belum terisi kepala sekolah.

Semuanya tersebar di wilayah kecamatan daratan dan kepulauan. Namun terbanyak adalah wilayah kepulauan yakni Kecamatan Raas dibandingkan 27 kecamatan lainnya.

BACA JUGA :  UTM Gelar Webinar Pembangunan Karakter dan Ideologi Pancasila

“Di Kecamatan Raas ada sekitar 14 SDN belum memiliki kepala sekolah. Di kecamatan ini terbilang cukup tinggi,” kata Sunarto.

Masih kata Sunarto, kekosongan kepala SDN itu tak lain karena kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Jadi banyak sekolah yang kekurangan stok kepala sekolah. Sehingga, saat ini nasib ratusan SDN di Sumenep masih memiliki kepala sekolah berstatus Plt,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Begini Pondok Pesantren Sumber Kebun Sampang Mencetak Santri Berprestasi