PADes Rek Kerrek Terbesar Se Madura, Kades Fadil : Berkat Do’a dan Dukungan Semua Pihak

  • Bagikan

PAMEKASAN, MaduraPost – Pemerintah Desa Rek Kerrek Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur berhasil membangun sistem perekonomian desa melalui BUMDes.

Tidak tanggung tanggung, Dalam satu tahun, BUMDes yang dikelola pemerintah desa Rek Kerrek berhasil maraih omset kurang lebih Rp 526 Juta. Sehingga atas keberhasilan tersebut, PADes Rek Kerrek menjadi terbesar se Madura.

Dalam acara Launching PADes Rek Kerrek, Fadil selaku kepala Desa Rek Kerrek mengatakan omzet Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Rek Kerek selama tahun 2020 mencapai Rp 526.506.000 rupiah. Jumlah tersebut akan dibagikan kepada masyarakat dan sebagian dikembalikan kepada Bumdes sebagai penambahan usaha yang lain.

BACA JUGA :  Bayi yang Dibuang Dibelakang Puskesmas Gapura Hasil Hubungan Haram Dengan Kakak Ipar

“Hasil Pades ini kita bagi menjadi dua. Pertama, 70 persen untuk masyarakat dalan bentuk Pades dan kedua, 30 persen untuk BUMDES sebagai penambahan unit baru rencana akan dibuat simpan pinjam UMKM,” kata Kades Fadil. Selasa (27/04/2021).

Menurutnya, bansos berupa uang tunai tersebut dipetakan menjadi beberapa jenis bantuan, seperti bantuan untuk pondok pesantren dan madrasah, Ta’mir Masjid (muadzin) serta guru ngaji.

BACA JUGA :  Semakin Meluas, Pasien Positif Corona di Sampang Bertambah Menjadi Empat Orang

“Sebanyak 18 pengasuh pondok pesantren dan madrasah mendapat Rp 2 juta perorang, 18 muadzin masjid mendapat 300 ribu perorang, 113 guru ngaji mendapat 300 ribu perorang dan rokat desa mendapat bantuan 5 juta. Bansos ini hanya di bulan ramadhan saja,” paparnya.

Kata dia, ada bantuan untuk Lansia dan masyarakat penyandang disabilitas sebanyak 125 orang. Masing-masing dari mereka mendapat Rp 300 ribu selama 6 bulan. Kemudian, bantuan khusus anak yatim sebanyak 54 anak. Masing-masing dari mereka mendapat bantuan sebanyak 300 ribu dalam triwulan.

BACA JUGA :  Ngajak Tidur Bareng, Advokat di Pamekasan Dilaporkan ke Polres Pamekasan

“Selain bantuan untuk masyarakat, kami juga memberikan tunjangan peningkatan kapasitas kepada perangkat desa. Mulai dari nominal 100 hingga 500 ribu sesuai dengan jabatannya. Bahkan, Linmas pun juga mendapat tunjangan,” jelas Fadil.

Menurut Kepala Desa tiga periode tersebut, keberhasilan tersebut berkat doa dan dukungan semua pihak agar Desa Rek Kerrek menjadi desa yang Barokah, Mman dan Mandiri.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak, khususnya masyarakat desa Rek Kerrek, Perangkat desa, Muspika kecamatan Palengaan, Termasuk dukungan dari LSM dan Media,” Tutup Fadil.

  • Bagikan