Bupati Sumenep Coba Penerbangan Pertama Maskapai Citilink Rute Sumenep-Surabaya

Avatar
UJI COBA PENERBANGAN. Bupati Achmad Fauzi bersama Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah, saat mencoba penerbangan pertama maskapai Citilink rute Sumenep-Surabaya. (Graha Pers Supel)

SUMENEP, MaduraPost – Usai diresmikan Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur, oleh Presiden RI Joko Widodo pada 20 April 2022 lalu, saat ini Bandara tersebut miliki maskapai dan rute penerbangan baru. Jumat, 29 April 2022.

Jumat pagi, Bupati Achmad Fauzi dan Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah, untuk kali pertama mencoba maskapai Citilink rute penerbangan Sumenep-Surabaya tersebut.

Perdana, maskapai Citilink yang melayani rute penerbangan Sumenep-Surabaya dan sebaliknya itu bisa melayani kebutuhan masyarakat Madura khusus warga Sumenep.

Bupati Fauzi mengatakan, maskapai penerbangan Citilink hadir untuk meningkatkan konektivitas antar daerah dengan melakukan penerbangan perdana rute baru Surabaya-Sumenep dan sebaliknya.

BACA JUGA :  Salah Seorang Karyawan Dealer di Sampang Meninggal Dunia di Kantor BRI

“Penerbangan perdana dengan keyakinan dapat mendongkrak perekonomian di pulau Madura,” kata Bupati Fauzi, kepada sejumlah media usai menjajal penerbangan maskapai Citilink tersebut, Jumat (29/4).

Dia menerangkan, potensi pariwisata di Kabupaten Sumenep, diyakininaya akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

“Ini menjadi daya tarik tersendiri, bisa berkolaborasi dengan agen travel yang ada di Sumenep untuk meningkatkan minat menggunakan Citilink, tentu dalam rangka menjual potensi wisata yang ada,” kata Bupati Fauzi menyebutkan.

BACA JUGA :  Satu Pasien Covid-19 di Sumenep Kini Sembuh

Sebab itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep berjanji memberikan dukungan penuh maskapai penerbangan dengan berkolaborasi dengan sejumlah Kabupaten lain di Madura.

“Di Bangkalan kan kita tahu sering macet, nanti akan koordinasikan dengan kepala daerah lainnya yang ada di Madura, agar memanfaatkan penerbangan yang ada di Sumenep,” kata dia menuturkan.

Sementara itu, Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai menyampaikan, penerbangan rute baru Sumenep-Surabaya dan sebaliknya merupakan komitmen Citilink dalam meningkatkan aksesibilitas transportasi khususnya transportasi udara.

BACA JUGA :  Demo PMII di Pamekasan Berakhir Ricuh, Satu Orang Terluka

“Masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan waktu yang lebih singkat dan efisien,” kata Dewa mengungkapkan.

Menurutnya, momen pembukaan rute yang bertepatan dengan season Lebaran 2022 ini diharapkan mampu mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman masing-masing.

“Penerbangan rute Surabaya-Sumenep dan sebaliknya akan beroperasi setiap hari Jumat dan Minggu,” terangnya.

Citilink merupakan maskapai penerbangan yang berada di bawah naungan Garuda Indonesia Group dan melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota.