SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Artikel

Uang Dalam Perspektif Islam

Avatar
×

Uang Dalam Perspektif Islam

Sebarkan artikel ini
Foto : Ilustrasi

ARTIKEL, MaduraPost – Uang adalah alat tukar yang dapat diterima secara umum. Objek tukar dapat berupa benda atau jasa yang dapat di terima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.

Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum. Objek tukar dapat berupa benda atau jasa yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Baca Juga :  PENGENBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa, kekayaan berharga lainnya, serta untuk pembayaran utang.

Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran. Kesimpulannya, uang adalah suatu benda yang diterima umum oleh masyarakat sebagai pengukur nilai, penukar, dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa. Pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.

Baca Juga :  Perguruan Pencak Silat Surban Putih Sampang Berikan Santunan Pada Anak Yatim dan Kaum Duafa

Dalam islam, uang dipandang juga sebagai alat tukar, bukan suatu komoditi. peranan uang ini dimaksudkan untuk melenyapkan ketidak adilan, ketidak jujuran, dan pengisapan dalam tukar menukar (barter). karena dalam system barter ada unsur ketidak adilan yang digolongkan sebagagai riba al fadhl, yang dilarang dalam islam.

Uang dalam perspektif islam adalah alat bantu manusia untuk mencapai akhiratnya (syurga). Maka dari itu uang adalah bagian syariat, jadi putih hitamnya uang tergantung dari oknumnya (penggunanya) digunakan untuk apa.

Baca Juga :  Tak Usah Diragukan lagi, Legalitas Aliansi Wartawan Sampang Resmi Berpayung Hukum

Fungsi uang yaitu hanya sebagai alat tukar. Uang sendiri tidak memberikan manfaat/kegunaan, akan tetapi fungsi uanglah yg memberikan kegunaan. Dan uang juga berfungsi sebagai alat yang mempermudah pertukaran antara uang dengan benda atau jasa.

Sebagai satuan hitung (unit of account) karena uang digunakan untuk menunjukan nilai barang atau jasa yang diperjualbelikan, menunjukkan besaran kekayaan dan menghitung besar kecilnya pinjaman.

Penulis : Lailatul Jannah

Baca berita lainnya di Google News atau langsung ke halaman Indeks

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.