Tiga Hari Lagi Debat Kandidat Pilkada Sumenep Akan Digelar

  • Bagikan

SUMENEP, MaduraPost – Menuju 9 Desember Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan menggelar debat kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati (Cabup-cawabup).

Dalam tahapan debat itu, Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil mengatakan debat kandidat diagendakan digelar dalam tiga tahap.

“Debat kandidat akan dilangsungkan di Hotel Utami Sumekar. Rencananya akan menjadi panggung debat tahap pertama kedua Paslon. Sesuai jadwal, tahapan Pilkada ini akan dilaksanakan pada Selasa, 10 November 2020 untuk debat perdana,” ungkapnya pada awak media, Sabtu (7/11).

BACA JUGA :  Dua Bapaslon Pilkada Sumenep 2020 Ikuti Tes Kesehatan

Kemudian, untuk jadwal debat kandidat tahap kedua dijadwalkan pada Senin, 23 November 2020. Dilanjutkan dengan debat pasangan calon (Paslon) Cabup-cawabup tahap ketiga akan digelar Sabtu, 28 November 2020 mendatang.

Sementara itu, Tema yang diusung dalam debat kandidat yaitu ‘Meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan masyarakat’. Rafiqi menerangkan, dalam tema debat pertama sudah sesuai dengan hasil kajian dari para panelis.

“Sejauh ini kita ketahui bersama pelayanan dan kesejahteraan masyarakat masih kurang dibeberapa sektor,” jelasnya.

BACA JUGA :  Aplikasi e-Lorong Tak Berfungsi, Warga dan Dewan Sentil Program Berbaur

Lebih lanjut, pria yang menjabat di Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Sumenep itu memaparkan bahwa para Paslon dituntut untuk bisa memberikan solusi dalam menyokong peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Seperti pada sektor ekonomi, pembangunan, pariwisata, maupun pendidikan.

Menurutnya, saat ini yang masih rampung untuk tema yakni di debat kandidat perdana. Sedangkan, belum ada tema pasti untuk debat kandidat tahap kedua.

Namun, lanjut Rafiqi, tema debat kedua dimungkinkan akan mengangkat permasalahan-permasalahan di daerah selama pandemi Covid-19. Lalu, mengenai debat tahap ketiga akan mengusung tema ‘Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kebangsaan’.

BACA JUGA :  DPC-PKB Sumenep Intruksikan Anggota DPRD FKPB di Reses Tahap 3 Undang Fattah Jasin Sebagai Narasumber

“Debat rencananya juga akan disiarkan di stasiun televisi dan radio nasional,” terang Rafiqi.

Untuk diketahui, pesta demokrasi Pilkada Sumenep 2020, terdapat dua Paslon Cabup-cawabup yang resmi akan berlaga pada kompetisi itu. Diantaranya, Paslon nomor urut 01 Achmad Fauzi-Nyai Dewi Khalifah dan Paslon nomor urut 02 Fattah Jasin-KH. Ali Fikri.

(Mp/al/rus) 

  • Bagikan