close menu

Masuk


Tutup x

Tak Genap Setahun, Proyek Drainase Rp 47,2 Miliar Milik PT Restu Mulia di Probolinggo Rusak

Penulis: | Editor:

PROBOLINGGO, MaduraPost – Keberadaan proyek drainase di Jalan Raya Ngepung, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, memprihatinkan. Sebab tak genap satu tahun, proyek yang digarap oleh PT Restu Mulia tersebut sudah rusak.

Pantauan MaduraPost, awal pengerjaan proyek drainase bermula dari Desa Boto, Kecamatan Lumbang hingga Desa Ngepung Kecamatan Sukapura. Proyek ini berada disisi kanan dan kiri jalan dengan volume pengerjaan kurang lebih 4 kilo meter. Lokasi tepat menuju Wisatan Nasional Gunung Bromo.

BACA JUGA :  Seorang PNS di Sumenep Menjadi Korban Pembunuhan

Ironis, belum genap satu tahun kondisi drainase sudah banyak yang rusak, mulai dari plesteran pada lantai yang ambles, retak memanjang, hingga dinding plesteran retak. Padahal anggaran proyek ini cukup besar senilai Rp 47,2 miliar.

Kaur TU Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN VIII) wilayah Gempol-Bangil-pasuruan-probolinggo Warso mengatakan, kerusakan proyek drainase pecah atau ambles, disebabkan air yang mengalir saat hujan.

BACA JUGA :  Lakukan Aksi ke KPU dan Bawaslu Bangkalan, AMPD Sebut Form C1-KWK Masih Berkeliaran

“Sudah kami sampaikan kepada pemilik proyek untuk diperbaiki. Akan tetapi apabila kerusakan belum diperbaiki, kami tidak akan mencairkan pembayaran proyek,” kata Warso.

Menurutnya, proyek tersebut masih tanggung jawab pemilik proyek. Beberapa hari, pihaknya sudah melakukan teguran. Meski demikian, dia tidak bisa menjelaskan secara gamblang perbaikan seperti apa yang akan dilakukan.

BACA JUGA :  Sitti Hosnia Korban Pengeroyokan Bersama Kuasa Hukumnya Moh.Taufik Minta Polres Tanjung Perak Tangani Serius Kasusnya

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN VIII) Jawa Timur Pada Tahun 2020 menggelontorkan dana miliaran untuk paket Proyek. Salah satunya paket pekerjaan pembangunan proyek drainase yang terletak di Jalan Raya Sukapuraa, Kabupaten Probolinggo.

(mp/msh/rus)