Scroll untuk melanjutkan membaca
DaerahHeadlineKesehatan

Empat Orang PMI Asal Sumenep Tiba di Terminal Arya Wiraraja

Avatar
×

Empat Orang PMI Asal Sumenep Tiba di Terminal Arya Wiraraja

Sebarkan artikel ini

SUMENEP, MaduraPost – Empat orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sumenep, tiba di terminal Arya Wiraraja Jum’at (10/4/2020) malam, sekitar pukul 23:25 WIB.

Saat tiba di terminal, keempat orang PMI tersebut dilakukan monitoring oleh Kepolisian Resort (Polres), bersama unit Intel Komando Distrik Militer (Kodim) 0827 Sumenep, serta Kepala Bidang (Kabid) Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat.

advertisement
Scroll untuk melanjutkan membaca

Kegiatan monitoring tersebut dilakukan, bagi para PMI yang pulang kampung dengan menggunakan transportasi Bus Akas dengan Nomor Polisi (Nopol) N 7952 US yang dikemudikan Ariyono warga Kabupaten Sumenep.

Adapun indentitas para PMI tersebut yang berdomisili di Sumenep, yakni :

  1. Nurul Yaqin, warga Desa Ketawang, Kecamatan Ganding.
  2. Suhartini, warga Desa Buddi, Kecamatan Arjasa.
  3. Joko Cahyono, warga Desa Angkatan, Kecamatan Arjasa.
  4. Ruhmakia, warga Desa Angkatan, Kecamatan Arjasa.
Baca Juga :  Ketua KOMAD Apresiasi Bupati Pamekasan Tandatangani Nota Kesepakatan KUA-PPAS Perubahan APBD TA 2020

Diketahui, saat ini Suhartini, berstatus sebagai PMI di Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Tanjung Pinang Riau. Sedangkan, Joko Cahyono dan Ruhmakia sebelumnya merupakan PMI dari Malaysia.

Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP. Widiarti, mengatakan bahwa proses pulangnya keempat migran tersebut langsung dilakukan pemeriksaan setibanya di terminal Arya Wiraraja.

“Pukul 19.00 WIB para PMI asal Sumenep berangkat dari terminal Bungurasih Surabaya menuju Sumenep, hingga pada pukul 23.00 WIB, para PMI tiba di Posko perbatasan Pragaan-Pamekasan, yang selanjutnya dilakukan pendataan, penyemprotan dan pemeriksaan suhu badan,” ungkapnya, Sabtu (11/4).

Baca Juga :  Oknum Pemdamping PKH di Sampang Diduga Double Job

Pada pukul 23.25 WIB, lanjut Widiarti menjelaskan, para PMI Sumenep tiba di terminal Arya Wiraraja dan segera dilakukan pendataan oleh pihak Disnaker setempat.

Berdasarkan data dari Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Tanjung Pinang Riau, sudah ada sekitar 77 orang yang dipulangkan, dan 2 diantaranya adalah warga Kabupaten Sumenep. Keduanya juga sudah dilakukan karantina sejak tanggal 25 Maret sampai dengan tanggal 7 April 2020 kemarin.

“Dari hasil pemeriksaan oleh petugas medis, para PMI Sumenep tersebut dinyatakan negatif virus covid-19 sesuai dengan surat kesehatan, dan menurut kesaksian Nurul Yaqin, bahwa terdapat 1 orang asal pulau Masalembu pulang terpisah melalui jalur udara,” terangnya.

Baca Juga :  Launching Program Rehabilitasi Medis Adiksi Narkoba di Lapas Kelas II A Pamekasan

Selain itu, data dari Disnaker Provinsi Jawa Timur, diketahui pada hari Sabtu 11 April 2020 akan ada pemulangan PMI kembali sebanyak 5 orang yang merupakan warga Sumenep.

Diantara orang yang akan pulang, berikut daftarnya :

  1. Lukman Ajang (22), warga Desa Laok Janjang, Kecamatan Arjasa.
  2. Musahwi (47), warga Dusun Raba Desa Angkatan, Kecamatan Arjasa.
    3.Suwarno (44), warga Desa Tonduk, Kecamatan Raas.
  3. Tukimin (47), asal Desa Tembayangan, Kecamatan Kangayan.
  4. Sapta Destari (48), warga Desa Kalikatak, Kecamatan Arjasa.

(Mp/al/din)

Baca berita lainnya di Google News atau langsung ke halaman Indeks

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.