SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Daerah

Ditengah Pandemi Covid-19, Pemkab Sumenep Salurkan Bantuan Sembako

Avatar
×

Ditengah Pandemi Covid-19, Pemkab Sumenep Salurkan Bantuan Sembako

Sebarkan artikel ini

SUMENEP, MaduraPost – Peduli masyarakat ditengah wabah pandemi virus corona atau covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep berikan bantuan sembako kepada ratusan tukang becak.

Bantuan tersebut berupa beras dan mie instan yang merupakan bantuan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sumenep.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

“Karena akibat covid-19 tidak hanya berdampak kepada kesehatan semata, melainkan juga berefek terhadap ekonomi masyarakat,” ujar Bupati Sumeneoy, Busyro Karim, di sela-sela pembagian sembako di Kecamatan Kalianget, Selasa (14/4).

Dengan sukarela ASN di lingkungan Pemerintah Daerah memberikan sumbangan gajinya melalui Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Sumenep untuk membantu masyarakat terdampak wabah covid-19.

Baca Juga :  Jelang Ramadhan, KJS Kembali Bagi-Bagi Bantuan Sosial

“Sasaran program pertama untuk tukang becak di Kecamatan Kalianget dan Talango, yang terasa dampak ekonominya, karena penumpang sepi akibat penutupan sementara waktu objek wisata religi “Asta Yusuf” di Kecamatan Talango,” ucap Bupati dua periode ini.

Pihaknya juga memprogramkan memberikan bantuan kepada para pedagang dalam waktu dekat, mengingat pedagang juga terdampak ekonominya, karena wabah virus tersebut.

“Kami terus memberikan bantuan kepada masyarakat yang ekonominya terdampak Covid-19, yang dilakukan secara bertahap di Kecamatan-kecamatan, utamanya masyarakat pekerja harian yang mendapatkan kesulitan, karena menurunnya pemasukan,” tuturnya.

Sebab itu, untuk mengantisipasi dampak ekonomi akibat wabah covid-19, Pemkab Sumenep telah melakukan perubahan atau pergeseran program di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Baca Juga :  Antisipasi Penyebaran Covid-19, Koramil Pasean Gelar Operasi Protokol

“Kami sudah melakukan pergeseran program di APBD, seperti padat karya ataupun proyek pembangunan, agar segera direalisasikan, supaya roda perekonomian di Kabupaten Sumenep tetap berjalan, sehingga masyarakat bisa bekerja di tengah wabah Covid-19,” paparnya.

Pada kegiatan itu, Bupati didampingi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, Nurfitriana Busyro, dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep, Abdul Madjid.

Sementara itu Penanggung Jawab KORPRI Sumenep, Abdul Madjid menambahkan, uang bantuan sukarela dari ASN yang terkumpul sementara waktu mencapai Rp 92.000.000,00.

Baca Juga :  Bupati Sumenep Melaunching BLT Desa Periode Januari Hingga Maret 2022

Hasil dana itu dijadikan seratus tiga puluh lima paket, terdiri dari beras lima kilogram, dan satu dos mie instan, sedangkan penyalurannya menyesuaikan dengan keinginan masyarakat melalui Bupati atau Wakil Bupati, seperti bantuan di Kecamatan Kalianget dan Talango adalah tukang becak yang setiap Kecamatan mendapat jatah lima puluh orang.

“Penyaluran bantuan itu telah dilakukan di beberapa Kecamatan, di antaranya Kecamatan Pragaan, Guluk-guluk, Pasongsongan, Kalianget, dan Kecamatan Talango, serta pada Rabu (15/04/2020) besok di Kecamatan Batuputih,” tutur Madjid, yang sekaligus Kepala BKPSDM Sumenep. (mp/al/din)

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.