SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
DaerahHeadlinePemerintahan

Bupati Sumenep Terima Bantuan Dari Gubernur Jawa Timur Untuk Masyarakat Kepulauan

Avatar
×

Bupati Sumenep Terima Bantuan Dari Gubernur Jawa Timur Untuk Masyarakat Kepulauan

Sebarkan artikel ini

SUMENEP, MaduraPost – Pemerintah Provinsi Jawa Timur berikan bantuan ribuan sembako dan logistik kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Sumenep, Madura, khususnya tersebar di Kecamatan (Pulau) Raas dan Kecamatan (Pulau) Kangean.

“Kami memberikan bantuan kepada masyarakat di wilayah Kepulauan Kabupaten Sumenep, karena dampak wabah virus corona atau covid-19 tidak hanya masyarakat di wilayah kota semata, namun juga di pedesaan termasuk di kepulauan,” ucap Gubernur Khofifah, di sela-sela penyerahan bantuan di Pendopo Kecamatan (Pulau) Raas, Sabtu (2/5/2020) kemarin.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tidak hanya berikan bantuan kepada masyarakat, petugas medis di dua kecamatan setempat juga mendapatkan bantuan seperti baju hazmat, kacamata safety dan Rapid Test.

Pihaknya berharap, agar petugas medis di Puskesmas bisa menangani pemeriksaan warga, utamanya pendatang dari luar daerah. Sehingga, penanganan covid-19 bisa dilakukan di tingkat kecamatan melalui puskesmasnya.

Baca Juga :  Proses Lelang Pembangunan Pasar Anom Blok Sayur Tahap I Sumenep Diduga Ada Pengondisian

“Baju hazmat atau Alat Pelindung Diri (APD) lainnya untuk memberikan pengamanan bagi petugas medis Puskesmas di Pulau Raas dan Kangean saat memberikan pelayanan kesehatan kepada warga setempat,” terangnya.

Secara keseluruhan, kata Khofifah, bantuan sembako dan logistik kesehatan meliputi sembako sebanyak 4.000 paket, masker 6.000 pcs, sarung tangan 800 pcs, cairan disinfektan 160 liter, alkohol 240 liter, rapid test 240 pcs, face shield 160 pcs, hand sanitezer 400 liter, baju hazmat 800 pcs, thermometer gun 60 pcs, sprayer 75 pcs dan kacamata safety 160 pcs.

“Pengiriman sembako dan logistik kesehatan bagi masyarakat di dua Kecamatan kepulauan itu menggunakan KRI Teluk Ende 517 milik TNI Angkatan Laut,” jelasnya.

Baca Juga :  Banyak Kasus di Sumenep Mangkrak Bertahun-tahun, PMII Turun Jalan Minta Kapolres Segera Mundur

Selain itu, penyerahan bantuan sembako dan logistik kesehatan dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Khofifah kepada Bupati Sumenep, Busyro Karim, di Pendopo Kecamatan (Pulau) Raas.

Untuk diketahui, Gubernur Khofifah berkunjung ke Kecamatan (Pulau) Raas untuk menyerahkan bantuan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Timur, dan kedatangannya di pulau itu menggunakan tiga helikopter.

Gubernur Khofifah mengatakan, sejatinya bantuan itu sasarannya untuk masyarakat dan petugas medis di tiga Kecamatan (Pulau) yakni Raas, Kangean dan Sapeken.

“Hanya saja untuk bantuan kepada masyarakat di Kecamatan (Pulau) Raas pada minggu depan, karena harus menyesuaikan dengan jadwal kapal patroli laut. Mudah-mudahan bantuan itu bermanfaat bagi masyarakat dan petugas medis,” paparnya.

Baca Juga :  Slamet Ariyadi Terima Audiensi DPRD Sampang, Berikut Aspirasi yang Disampaikan

Sementara itu, Bupati Busyro Karim, menerangkan bahwa pihaknya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepedulian Gubernur bersama Forkopimda Jawa Timur kepada masyarakat di kepulauan, seperti di Kecamatan (Pulau) Raas sangat membutuhkan bantuan.

Akibat wabah covid-19 banyak masyarakat Sumenep pulang kampung seperti di Pulau Raas ini sedikitnya sepuluh ribu warga datang dari Bali dan Yogyakarta yang membutuhkan bantuan.

“Dampak wabah Covid-19 terasa bagi masyarakat utamanya mereka yang bekerja di luar daerah dan harus pulang kampung, sehingga mereka tidak mempunyai penghasilan yang benar-benar membutuhkan bantuan,” jelas Bupati dua periode ini. (Mp/al/rul)

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp Madura Post sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.